Impian Nopitasari mengutip Victoria Tunggono tentang perbedaan childfree dan childless. Dalam tulisannya dikatakan, childfree didefinisikan sebagai pilihan sadar seseorang untuk tidak punya anak, bukan karena takdir seperti childless atau kondisi yang tidak memungkinkan seseorang untuk punya anak.

Diskursus childfree sudah lama muncul. Menurut Chrastil dalam buku How to be Childless


Claudio Orrego Vicuna bercerita tentang beruang kutub yang berusaha bertahan hidup di lingkungan asing, jauh dan berbeda dari kampung halamannya. Beruang itu ditangkap setelah sekelompok manusia menimpakan insiden pada singa laut, teman satu kampungnya. Vicuna menamakan beruang itu sebagai Baltazar.

Selama menjalani kehidupan yang begitu berbeda di kebun binatang, Baltazar…


Membaca Orang-Orang Oetimu

Felix Nesi memperlihatkan kegetiran dari setiap tokoh. Penderitaan seolah tiada henti menghampiri. Selesai menderita dari si A, beberapa waktu kemudian menderita karena si B, dan seterusnya.

Sejak kalimat pertama hingga paragraf penutup, kekerasan selalu ada. Kekerasan itu berupa kekerasan budaya, kekerasan fisik, kekerasan struktural, dan kekerasan seksual…


Fobia ini punya sebutan, yaitu ailurophobia. Tidak sedikit yang punya fobia ini, termasuk aku beberapa waktu lalu. Fobiaku muncul setelah kucing mencakar sepanjang lengan kananku. Fobia ini bertahan cukup lama, kira-kira 10 tahun.

Semenjak insiden itu, aku selalu menghindari kucing. Mode waspada menjadi aktif secara otomatis begitu mengetahui ada kucing…

Jurnal Nuno

mendaki intelektualitas, dan menyelami spiritualitas

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store